Shock! Pemuda Sehat “Tiba-tiba Meninggal” Dalam Tidur, Setelah Diperiksa, Ternyata Penyebabnya Adalah “Kebiasaannya Selama 18 Tahun” Ini!

Jam 2 subuh, terdengar bunyi sirene ambulans ngebut di jalan menuju rumah sakit. Di luar ruangan tersedia beberapa sanak keluarga yang menantikan dengan gemetar serta gugup, sedangkan di dalam ruang UGD, terbaring seorang pria berumur 31 tahun.



Ketika diantar ke rumah sakit, keadaannya telah kritis, pupil matanya yang satu besar yang satu kecil, nafasnya telah tidak beraturan, sebentar cepat sebentar lambat, sebentar kuat sebentar lemah.

Seusai diperiksa, nyatanya salah satu pembuluh darah di jantungnya telah terbentuk trombosis (pembekuan darah), salurannya telah tersumbat kurang lebih 99%. Dokter langsung meperbuat pertolongan darurat, mengontrol tekanan darahnya, menolong dengan alat pernafasan hingga-sampai diperbuat CPR.

Tapi naasnya 2 jam kemudian, pria itu tetap berpulang…

Ketika dokter memkabarhukan pada pihak keluarga, mereka tidak bisa percaya! Mereka menerobos ke dalam ruangan serta mengguncang-guncang tubuhnya agar ia sadarkan diri, tetapi telah jelas itu tidak ada gunanya.

Ketika emosi keluarga mulai stabil, dokter pun bertanya pada orang tua dari pemuda itu apa yang sebetulnya terjadi?

Orang tuanya pun bercerita bahwa semalam ia bermain game di kamarnya. Pas disuruh makan ia tidak keluar-keluar. Padahal telah 30 tahun, gak kerja, kerjaannya main game. Sang bunda pun emosi serta sedikit memarahinya, mungkin perkataannya tidak lebih sedap, tidak enak didengar, pemuda itu pun kembali ke kamar serta membanting pintu keras-keras.

Waktu itu keluarga tidak berpikir tidak sedikit. Palingan kelak telah reda, telah lapar, ia bisa keluar sendiri cari makan. Makanan ditinggalkan di atas meja serta keluarga berangkat tidur.

Tetapi kurang lebih pukul 1 pagi, keluarga dibangunkan dengan jeritan minta tolong, “Tolong! Tolong!” setelah itu dilanjutkan dengan suara barang pecah. Keluarga langsung bangun serta menerobos ke dalam kamar. Saat pintu dibuka, tercium aroma rokok yang sangat pekat. Pemuda itu telah berlutut di lantai, meringkuk, memegang tahap dadanya, wajahnya memerah serta penuh dengan keringat.

Keluarga pun segera menelepon ambulans, tetapi nyawanya tetap tidak tertolong.

“Bau rokok? Dirinya punya kebiasaan merokok?”

Orang tuanya diam sejenak serta mengatakan, “Iya, telah dari umur 13… Sebab pengaruh kawannya, belajar orang dewasa merokok. Kami telah larang tapi tetap tetap saja. Sehari ia bisa rokok lebih dari 2 bungkus. Waktu main game rokok, waktu marah-marah juga rokok.”

Seusai mendengar penjelasan orang tuanya, dokter baru sadar, sebab bertengkar dengan keluarga, suasana hatinya sehingga kurang baik serta langsung merokok, sekali rokok tidak sedikit, menyebabkan serangan jantung. Ditambah kebiasaan ini telah berjalan selagi 18 tahun. Pembuluh darah di jantungnya telah menyempit.

Merokok bisa menambah resiko serangan jantung

Dokter meningatkan bahwa merokok bisa menambah resiko serangan jantung hingga 7 kali lipat! Penyebab utamanya adalah nikotin, salah satu zat adiktif mutlak dalam rokok yang bisa menyebabkan beberapa macam penyakit jantung serta pernafasan semacam radang pembuluh darah serta kanker paru-paru. Merokok sangat merusak tubuh, apalagi wanita, bisa menyebabkan penuaan dini serta kemandulan.

Pasien serangan jantung terus muda usianya dari tahun ke tahun

Jumlah pasien serangan jantung meningkat dari tahun ke tahun, serta hanya bakal terus meningkat ke depannya, angka demografinya juga terus muda. Yang menyebabkan tidak sedikit anak mudah mengalami serangan jantung tidak hanya merokok adalah gaya nasib serta kerjaan sibuk, tekanan batin, beban pikiran, minuman keras, jarang berolahraga, pola makan tidak sehat, bergadang, serta pola nasib tidak beraturan.

Bagaimana tutorial menghindari terjadinya serangan jantung dalam kenasiban sehari-hari?

1. Hindari emosi

Beberapa pasien mengalami serangan jantung sebab emosi yang tiba-tiba meledak, naik darah, marah, emosi, stres serta lain-lain. Menurut penelitian dari Amerika, dalam 10 pertandingan bola, ada 8 penonton yang meninggal sebab serangan jantung. Sebab itu, kami wajib belajar untuk rileks, jangan terbawa emosi serta menenangkan diri.

2. Perbaiki pola nasib

Hindari merokok, hindari garam tinggi, lemak tinggi. Garam serta lemak berlebih bisa menambah beban pada jantung serta membikin dinding pembuluh darah menipis, tambah menambah resiko stroke serta serangan jantung.

3. Konsumsi asam alfa-linolenat (Omega-3)

Asam linolenat adalah asam lemak tidak jenuh (polyunsaturated fatty acid) yang bisa ditemukan dalam minyak Omega-3 berupa EPA, bisa mengurangi kadar trigliserida serta kolesterol jahat dalam darah, sekaligus menambah kolesterol baik, bisa mencegah terjadinya trombosis (pembekuan darah), mencegah darah kental, melancarkan ajaran pembuluh darah serta mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.

4. Jangan bergadang!

Dilarang keras untuk bergadang! Pekerjaan terbukti penting, tapi kesehatan Kamu jauh lebih penting! Kalau untuk kerja sesekali dua kali bolehlah, tapi kalau untuk hal-hal yang tidak begitu penting semacam main game, janganlah! Sehari minimal wajib tidur 7 jam, minimal!

Jagalah suasana hati rutin gembira serta positif, jangan dikit-dikit marah, emosi!

Jaga kesehatan Anda, demi diri sendiri juga demi keluarga yang Kamu cintai! Silahkan SHARE kabar penting ini!

Sumber: how/Cerpen.co.id

Postingan populer dari blog ini

Baru Seminggu Suaminya Meninggal. Ibu Ini Berhubbungan Dengan Anaknya Sendiri Atas Dasar Sama­ Sama Suka.

Ternyata Cium Janda 1 Menit Dapat Perpanjang Umur 1 Tahun, ini Faktanya

Video Siswi SMA Melahirkan di Kelas saat Jam Pelajaran Buat Geger Netizen