15 Doa Bahagia Dunia Akhirat yang Mustajab..

Kebahagiaan adalah suatu perasaan dan keadaan yang pasti kami semua inginkan. Sebagai manusia, sangat wajar apabila kami rutin berharap untuk nasib bahagia, terlepas dari segala liku-liku kenasiban yang dilewati. Bahkan, tak sedikit dari kami yang menjadikan kebahagiaan sebagai tujuan nasib alias goal yang ingin kami capai. Bentuk kebahagiaan itu pun bermacam-macam. Ada yang mendefinisikan kebahagiaan dalam bentuk keluarga yang damai dan saling mendukung, ada pula yang mendefinisikan kebahagiaan sebagai keleluasaan dengan cara materi yang membikin kami tak lagi kesusahan saat mengharapkan sesuatu.



Tetapi, tahukah Kamu bahwa sesungguhnya dalam Islam definisi bahagia adalah jauh lebih luas daripada itu? Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan, “yang namanya kaya (ghina’) bukanlah dengan tak sedikitnya harta (atau tak sedikitnya kemewahan dunia). Tetapi yang namanya ghina’ adalah hati yang rutin merasa cukup”. Maka, sesungguhnya letak kebahagiaan adalah di dalam hati. Mungkin tak terkesan dengan cara kasat mata, tetapi dapat kami rasakan.

Sumber kebahagiaan sejati adalah ketenangan yang kami rasakan di dalam hati. Faktor ini adalah hidayah dari Allah yang tak terkualitas harganya. Pasti setiap orang mengharapkan jiwa yang tenang, yang leluasa dari kekhawatiran. Sayangnya, tak semua orang dapat memperoleh kebahagiaan sejati ini. Faktor ini salah satunya dikarenakan tak sedikit orang yang melupakan Allah, Dzat yang memberi kebahagiaan dan menciptakan ketenangan di jiwa yang sebetulnya.

Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam surat Al Fath ayat 4 yang berbunyi, “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengenal lagi Maha Bijaksana”.

Oleh sebab itu, apabila kami mengharapkan kebahagiaan di dunia dan akhirat, hendaknya kami mengingat Allah dan senantiasa berdoa memohon terhadap Allah. Sungguh tak ada kebahagiaan sejati yang dapat kami rasakan tanpa rahmat dari Allah. Maka, berikut ini bakal dibahas 15 doa bahagia dunia akhirat yang dapat kami amalkan.

Doa Sapu Jagat
Keutamaan doa ini mungkin telah kami ketahui sejak lama untuk rutin kami baca setiap berakhir sholat, terutama sholat fardhu. Wacana doa ini dalam Bahasa Arab adalah “Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar”. Dalam Bahasa Indonesia doa ini mempunyai arti, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan nasib di dunia dan kebaikan nasib di akhirat dan jagalah kami dari siksa api neraka”.

Dengan membaca doa ini, kami tak hanya meminta kebahagiaan di dunia, melainkan juga memohon keselamatan kenasiban di akhirat kelak. Terbukti inilah tujuan nasib seorang muslim yang seharusnya.

Doa memohon kesejahteraan dunia akhirat
Selanjutnya, dirinya berikutnya adalah doa untuk memohon ampunan dan kesejahteraan. Dalam Bahasa Arab, doa ini berbunyi “Allahumma innaa nas alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fiddiini wad dun-ya wal aakhiroti”. Artinya, “Ya Allah, kami mohon ampunan kepada-Mu dan limpahkan kesejahteraan agama dunia dan akhirat”. 

Memohon keselamatan dari penyakit dan maksiat
Sesungguhnya, seseorang yang tertimpa penyakit maupun meperbuat dosa maksiat tak bakal dapat merasakan kebahagiaan dunia akhirat. Oleh sebab itu, hendaknya kami memohon pertolongan Allah supaya diselamatkan dari penyakit dan maksiat yang mungkin dapat menimpa kami sebagai manusia biasa.

Doanya berbunyi, “Allahumma ‘aafini fii badanii allahumma ‘aafini fii sam’ii allahumma ‘aafini fii bashorii laa ilaha illa anta”. Artinya, “Ya Allah, selamatkan tubuhku dari penyakit dan maksiat sesuatu yang tak aku inginkan. Ya Allah, selamatkan pendengaranku dari penyakit dan maksiat sesuatu yang tak aku inginkan. Ya Allah, selamatkan penglihatanku dari penyakit dan maksiat sesuatu yang tak aku inginkan, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Engkau”.

Doa memohon keselamatan dunia akhirat
Doa selanjutnya adalah untuk memohon keselamatan dan meminta keberkahan nasib sekaligus ampunan dari Allah. Kamu dapat membaca “Allahumma inaanas ‘aluka salamatan fiddiin wa ‘aafiyatan filjasad wa jizadatan fil ‘ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan kablalmaut wa rahmatan indalmaut wa maghfiratan ba’dalmaut. Allahumma hawwin ‘alaina fii sakaratilmaut wannajaa taminannari wal’afwa ‘indalhisaab, rabbana laa tujighluubanaa ba’daizd hadaitanaa wa hablanaa minladunkarahmatan innaka antalwahhab”.

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon terhadap Engkau dari keselamatan agama dan sehat tubuh, berbagilah kami tambahnya ilmu pengetahua, dan keberkahan dalam rezeki, dan diampuni sebelum mati dan mendapat rahmat waktu mati, dan mendapat pengampunan setelah mati. Ya Allah, mudahkan untuk kami menghadapi sakarotul maut, dan selamatkan dari siksa neraka, hingga pengampunan waktu hisab”.

Memohon kemudahan saat meninggal
Setiap manusia pasti bakal mati. Maka, jangan hingga kami juga memohon kemudahan saat meninggal dan kebahagiaan nasib di akhirat kelak. Kamu dapat membaca doa “Allahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaabi”. Artinya adalah “Ya Allah, mudahkanlah kami ketika saat pencabutan nyawa, dan selamatkan kami dari api neraka hingga memperoleh kemaafan saat amal diperhitungkan. 

Membaca Asmaul Husna
Tidak hanya berdoa, kami juga dianjurkan untuk senantiasa berzikir. Begitu pula saat kami memohon bahagia dunia dan akhirat, dimana keselamatan di dunia dan akhirat juga tergolong bentuk dari kebahagiaan di dunia dan akhirat. Semakinlah membaca asmaul husna, terutama sesak napas Allah ‘As Salaam’ yang berarti ‘Yang Memberi Keselamatan’. Bacalah As Salam setidak sedikit-tidak sedikitnya setiap berakhir sholat harus supaya kami terpelihara dari bencana dan kesusahan yang berat.

SPONSORED CONTENT by Mgid
Dia membocorkan teknik rahasia orang-orang kaya di Singapura
Doa memohon hilangnya kekecewaan
Semacam yang dibahas di awal, kebahagiaan itu letaknya di hati. Maka, hati yang kecewa bakal susah merasakan kebahagiaan. Rasulullah pun mengajarkan pada kami doa untuk orang yang menderita kekecewaan yang mendalam, yaitu “Ya Allah, Rahmat-Mu aku harapkan, janganlah Engkau serahkan segala urusanku terhadap diriku sendiri meski sekejap mata, perbaikilah segala urusanku, tiada ilah yang berhak disembah tidak hanya Engkau” (HR. Abu Dawud).

Doa memohon ketenangan hati
Hati yang tenang adalah hati yang bahagia. Dengan hati yang tenang, tak ada kekhawatiran dan perasaan ‘tidak lebih’ bakal segala sesuatu. Maka, bacalah “Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma-innah, tu’minu biliqaa-ika wa tardhaa bi qadhaa-ika wa taqna’u bi’athaa-ika”. Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin bakal berjumpa dengan-Mu, yang ridha dengan ketetapan-Mu dan merasa lumayan dengan pemberian-Mu”.

Doa supaya hati tenang
Bacalah, “Allahumma innii a-udzuubika minalhamma walkhujni, wal ajri, wakasal, walbujli, walhubni, wadhalidaini, walghabatirrajali”. Doa ini mempunyai pengertian “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang”.

Bacaan istighfar
Sering kami merasa tak bahagia dampak tak sedikitnya dosa yang telah kami perbuat. Maka, kami diajarkan untuk rutin beristighfar supaya hati tenang dan nasib kami bahagia. Bacalah Ästaghfirullaahal ‘adhiim” yang berarti “Aku mohon ampun terhadap Allah Yang Maha Agung”.

Doa memohon ketenangan batin
Bacalah ‘Allahumma tsabitnii waj’alnii haadiyan mahdiyyan’ untuk memohon ketenangan hati dan petunjuk dari Allah untuk segala yang kami perbuat. Artinya, “Ya Allah, tenangkanlah hatiku dan jadikanlah aku orang yang memberi petunjuk dan mendapat petunjuk”. Sungguh, dengan mendapat petunjuk dari Allah, hati kami bakal merasa tenang atas apa-apa yang kami perbuat dan kami pun bakal merasa bahagia.

Doa memohon kebahagiaan akhirat
Apabila kami tergolong dalam golongan orang-orang yang beruntung di dunia, maka jangan lupa untuk membaca doa “Allaahumma kamaa farrahtanaa fii haadzi hid dun-yaa fa farrihnaa fil aakhirati”. Doa ini mempunyai pengertian “Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memberbagi kebahagiaan terhadap aku di dunia, maka berilah aku kebahagiaan di akhirat”.

Doa mohon keberuntungan
Anda juga dapat membaca doa memohon keberuntungan, “Allaahumma inni as-alukal fauza ‘indalqaaa-i washshabra ‘indalqadhaa-i wamanaazilasysyuhadaa-i wa ‘aisyassu’adaa-i wannashra ‘alal a’daa-i wa muraafaqatal anbiyaa’” yang artinya “Yaa Allah, aku mohon kepada-Mu bakal keberuntungan pada waktu berjumpa dengan orang tak sedikit, dan sabar ketika datang ketentuan dan pada tempat orang yang mati syahid, kenasiban orang-orang yang beruntung dan kemenangan mengalahkan musuh-musuh dan berkawan dengan para Nabi”.

Doa keluarga bahagia
Kebahagiaan dunia pasti tak ingin kami rasakan sendiria, melainkan kami juga ingin keluarga kami merasakan kebahagiaan tersebut. Bacalah “Robbanaa hablanaa min aswaajinaa wadurriyyatinaa qurrota ‘ayyuuni waj’alnaa lil muttaqiina imam” yang artinya “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah terhadap kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”.

Doa supaya suami-istri bahagia
Keluarga bahagia pasti berawal dari suami dan istri yang bahagia. Untuk itu berdoalah terhadap Allah dengan doa “Qul in kuntum tuhibbuunallaha fattabi’uuni yuhbibkumullahu wayaghfirlakum dunuubakum wallahu gafururrahiim”. 

Artinya, “Katakanlah (wahai Muhammad): Apabila benar kamu mengasihi Allah maka ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi kamu dan mengampuni dosa-dosamu. Dan (ingatlah), Allah Maha Pengampun, lagi Maha Mengasihani”. Doa ini ada dalam surat al Imran ayat 31.

Semoga doa kami diperkenankan oleh Allah, aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

Postingan populer dari blog ini

Baru Seminggu Suaminya Meninggal. Ibu Ini Berhubbungan Dengan Anaknya Sendiri Atas Dasar Sama­ Sama Suka.

Video Siswi SMA Melahirkan di Kelas saat Jam Pelajaran Buat Geger Netizen

Ternyata Cium Janda 1 Menit Dapat Perpanjang Umur 1 Tahun, ini Faktanya