Inilah 12 Nama Istri Rasulullah, Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui.

Sebagaimana diketahui bahwa Rasulullah SAW, dibedakan dengan umatnya dengan dihalalkan baginya menikah lebih dari empat istri dengan beberapa tujuan.



Jumlah wanita yang sudah dinikahinya ada dua belas orang, sepuluh diantaranya ditinggal mati oleh Rasulullah, dua yang lainnya meninggal dunia ketika Rasulullah tetap nasib.

Berikut di antara nama-nama istri Rasulullah SAW:

1. Khadijah binti Khuwailid
Rasulullah menikah dengan Khadijah pada 10 Rabiul awal. Beliau melamarnya ketika berusia 25 tahun, sedangkan Khadijah pada saat itu berusia 40 tahun. Rasulullah tak sempat memadu Khadijah selagi masa nasib Khadijah. Serta dari Khadijah lahir putra serta putri Rasulullah. Anak laki-laki Rasulullah kesemuanya tak ada satu pun yang nasib lama. Sedangkan yang perempuan merupakan Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum serta Fatimah.

2. Saudah binti Zam’ah
Dinikahi Rasulullah di bulan Syawal tahun 10 kenabian,kemarin hari seusai meninggalnya Khadijah. Sebelumnya ia dinikahi oleh anak pamannya yaitu Sakran bin Amr yang meninggal sewaktu tetap bersamanya.

3. Aisyah binti Abu Bakar
Dinikahi di bulan Syawal tahun 11 kenabian, setahun seusai beliau melamar Saudah, yakni dua tahun lima bulan sebelum hijrah ke Madinah. Rasulullah melamar Aisyah ketika Aisyah berusia 6 tahun serta mulai digauli usia 9 tahun.

4. Hafshah binti Umar bin Khathab
Hafshah ditinggal mati oleh suaminya, Khumais bin Hidzaifah. Kemudian dinikahi oleh Rasulullah pada tahun ke-3 hijrah.

5. Zainab binti Khuzaimah
Sebelumnya Zainab dinikahi oleh Abdullah bin Jahsy yang mati syahid ketika perang Uhud, kemudian Rasulullah melamarnya pada tahun ke-4 hijrah. Dua alias tiga bulan seusai pernikahannya, ia meninggal dunia.

6. Ummu Salamah Hindun binti Abu Umayyah
sebelumnya dinikahi oleh Abu Salamah yang meninggal dunia di bulan Jumadil Akhir, tahun ke-4 hijrah. Kemudian Rasulullah melamarnya di bulan Syawal tahun itu juga.

7. Zainab binti Jahsy
Dia merupakan anak paman Rasulullah. Sebelumnya ia dinikahi oleh Zaid bin Haritsah, yang sempat menjadi anak angkat Rasulullah, seusai itu Zaid menceraikannya serta beliau melamarnya. Ia dinikahi oleh Rasulullah di bulan Dzulqa’dah tahun ke -5 hijrah.

8. Juwairiyah binti al-Harits
Sebelumnya ia merupakan tawanan yang berasal dari Anak cucu Musthaliq, ia dimiliki oleh Tsabit bin Qais. Kemudian Tsabit mengadakan perjanjain untuk memerdekakannya dengan tebusan. Kemudian Rasulullah yang memenuhi seluruh tebusan kemerdekaannya lalu melamarnya pada tahun ke-6 hijrah.

9. Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan
Ia sebelumnya dinikahi oleh Ubaidillah bin Jahsy namun Ubaidillah murtad sebab masuk agama nasrani serta meninggal. Rasulullah melamarnya di bulan Muharram tahun ke-7 hijrah.

10. Shafiyah binti Huyay
Sebelumnya ia menjadi tawanan perang Khaibar, Rasulullah memilihnya untuk dirinya, kemudian beliau memerdekakannya serta melamarnya seusai penaklukan Khaibar tahun ke-7 hijriyah.

11. Maimunah binti al-Harits
Ia dinikahi Rasulullah di bulan Dzulqa’dah tahun ke-7 hijrah, pada saat menunaikan qadha umrah, seusai tahalul sesuai dengan pendapat shahih.

12. Mariyah Qibtiyah
Sebelumnya ia merupakan seorang budak dari mesir yang dibawa oleh Muqauqis. Rasullah melamar Mariyah 3 tahun sebelum Rasulullah wafat. Serta dari Mariyah lahir Ibrahim. Ibrahim meninggal pada usia 18 bulan.

[jalansirah.com]

Postingan populer dari blog ini

Baru Seminggu Suaminya Meninggal. Ibu Ini Berhubbungan Dengan Anaknya Sendiri Atas Dasar Sama­ Sama Suka.

Ternyata Cium Janda 1 Menit Dapat Perpanjang Umur 1 Tahun, ini Faktanya

Video Siswi SMA Melahirkan di Kelas saat Jam Pelajaran Buat Geger Netizen