Bikin Merinding!! Beginilah Ternyata 10 Tanda Datangnya Hari Kiamat Besar

Dari hudzaifah bin usaid al ghifari radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, ‘rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memperhatikan kami sewaktu kami saling berbincang. beliau bertanya, ‘apa yang sedang anda perbincangkan?’ mereka menjawab, ‘kami menyatakan hari kiamat.



’ beliau bersabda, ‘sesungguhnya kiamat tak bakal terjadi sehingga kamu menonton sepuluh tanda.’ lalu beliau menyebut hasratp, dajal, binatang, terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya (sebel4h bar4t), turunny4 isa bin mary4m ‘alaih1s sal4m, ya’juj sert4 ma’juj, tig4 longs0r bes4r, longs0r di t1mur, longs0r di bar4t, sert4 longs0r di semen4njung ar4b. yang akhir yang demikian itu merupakan keluarnya api yang keluar dari yaman yang menggiring manusia ke tempat mahsyar mereka.’ (hr. muslim no. 2901)

1. keluarnya dajjal

dajjal merupakan seorang laki-laki dari bani adam ‘alaihis salam. timbul di akhir zaman serta mengsaya mempunyai sifat rububiyah. keluar dari timur dari khurhasratn. kemudian ia berpribadi di muka bumi, maka ia tak meninggalkan satu negeri kecuali ia memasukinya, kecuali masjidil aqsha, tursina, makkah serta madinah, ia tak dapat memasukinya; alasannya malaikat menjaganya. 

turun di sertaau asin, maka kota madinah bergetar tiga kali, keluar darinya setiap orang kafir serta munafik.dari abdullah bin umar radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, ‘kami sedang duduk di segi rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau menyatakan fitnah, beliau tak sedikit menyebutnya sehingga menyatakan fitnah ahlaas. 

ada yang bertanya, ‘wahai rasulullah, apakah fitnah ahlaasitu?’ beliau menjawab, ‘ia merupakan lari serta perang.’ kemudian fitnah as-saraa, hasratpnya dari bawah dua kaki seorang laki-laki dari pakar baitku. dirinya mengsaya bahwa dirinya dariku serta dirinya bukanlah dariku, sesungguhnya wali-wali (kekasih-kekasihku) merupakan orang-orang yang bertaqwa. kemudian manusia berhening di atas seorang laki-laki seperti pinggul di atas tulang rusuk. kemudi4n fitn4h duhaim4 yang t4k membiark4n seseor4ng dari um4t ini kecu4li menamparny4 satu tampar4n. 

kalau dikatakan: beres fitnah tersebut malah terus panjang. jadilah pada dikala seseorang pagi hari beriman serta sore hari menjadi kafir sehingga jadilah manusia ke kemah-kemah, kemah iman yang tak ada kemunafikan padanya serta kemah nifak yang tak ada iman padanya. kalau telah seperti itu, maka tunggulah dajjal dari harinya alias besoknya.’ (shahih. hr. ahmad no. 6168. lihat as-silsilah ash-shahihah no. 974 serta abu daud no 4242 serta ini merupakan lafazhnya, shahih sunan abi daud no. 3568)

fitnah dajjal
keluarnya dajjal merupakan fitnah besar dikarenakan apa yang allah subhanahu wa ta’ala ciptakan bersamanya berupa perkara-perkara di luar kebihasratn yang besar, yang memresahkan logika. disebutk4n dalam had1ts shah1h bahw4 bersamany4 ada surg4 serta nerak4. nerakanya merupakan surga serta surganya merupakan neraka. sert4 sesungguhny4 bersamany4 ada gunun9 r0ti, sunga1 4ir. dirinya menyuruh langit (untuk menurunkan hujan) maka turunlah hujan. menyuruh bumi (untuk menumbuhkan tumbuhan) maka tumbuhlah tumbuhan. perbendaharan bumi mengikutinya. 

melalui bumi dengan kecepatan besar seperti hujan bila dibawa angin.dia menetap di bumi selagi empat puluh hari. satu hari seperti setahun, satu hari seperti satu bulan, satu hari seperti satu jum’at, serta semua harinya seperti hari-hari kita. kemudi4n dirinya4 dIbunVh 0leh isa bin mary4m ‘alaih1s sal4m di seg1 p1ntu ludd d1 palestin4.

sifat dajjal
rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan kami dari mengikuti dajjal alias membenarkannya. beliau menjelaskan terhadap kami sifat-sifatnya supaya kami berhati-hati darinya. menjelask4n bahw4 ia seor4ng laki-lak1, beli4, berkul1t mer4h, but4 sebel4h matany4, tak mempuny4i an4k, tertul1s di antar4 kedu4 matany4 ‘kaf1r’ yang dap4t dibac4 seti4p musl1m.
dari ‘ubadah bin ash shamit radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, ‘rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘sesungguhnya dajjal merupakan seorang laki-laki pendek, berkaki bengkok, keriting, buta sebelah mata, terhapus mata, tak menonjol serta tak bermata cekung. kal4u disamark4n kepad4mu, mak4 ketahuil4h bahw4 rabb k4mu subhan4hu wa ta’ala t4k but4 sebel4h mat4nya.’ (shahih. hr. ahmad no. 23144 serta ini lafadznya. abu daud no 4320, shahih sunan abu daud no.3630)

tempat keluarnya dajjal
dari an-nawwas bin sam’an radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, ‘rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan dajjal serta padanya…: ‘sesungguhnya ia keluar lubang-lubang di antara syam serta iraq. berbuat kerusakan di kanan serta di kiri.’ (hr. muslim no 2937.)

tempat-tempat yang tak dapat di masuki dajjal
dari anas radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, ‘rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,‘tidak ada satu kota melainkan bakal diinjak oleh dajjal kecuali makkah serta madinah.’ (muttafaq ‘alaihi. hr. al bukhari no. 1881, serta muslim no. 2942)

dari seorang laki-laki dari kawan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sesungguhnya nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan dajjal serta perihalnya ia mengatakan:… serta ia tak dapat mendekati empat masjid: masjidil haram, masjid madinah, masjid ath-thuur, serta masjidil aqsha.’ (shahih, hr. ahmad no/ 24085. lihat as-silsilah ash-shahihah no. 2934)

pengikut-pengikut dajjal
tidak sedikit pengikut dajjal merupakankamum yahudi, ajam (bangsa tidak hanya arab), turki, serta tak sedikit sekali manusia, tak sedikitnya dari bangsa arab badui serta wanita.

dari anas bin malik radhiyallahu ‘anh, sesungguhnya rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘yang mengikuti dajjal dari yahudi asfahan setidak sedikit 70.000 orang, mereka menggunakan jubah hijau (yang bihasrat digunakan ulama persia).’ (hr. muslim no. 2944.)

menjaga dari fitnah dajjal
hal itu dengan tutorial beriman terhadap allah subhanahu wa ta’ala, berlindung dari fitnah dajjal di dalam shalat dengan cara khusus serta berlari darinya: “barang siapa yang hapal sepuluh ayat dari permulaan surah kahfi niscaya ia dipelihara dari dajjal.” serta dalam satu lafazh: ‘barang siapa yang menemuinya dari kamu, maka hendaklah ia menbaca pembuka surah al kahfi.” (hr. muslim no. 8009 serta no. 2937)

2. turunnya isa bin Maryam
seusai dajjal keluar serta berbuat kerusakan di muka bumi, allah subhanahu wa ta’ala mengutus isa bin maryam ‘alaihis salam. beliau turun ke bumi di segi menara putih sebelah timur damaskus, meletakkan kedua telapak tangannya di atas sayap dua orang malaikat, lalu ia membunuh dajjal, berhukum dengan hukum islam, mematahkan salib, membunuh babi, meletakkan pajak, harta membeludak ruah serta hilangnya permusuhan. dirinya menetap selagi tujuh tahun serta tak ada permusuhan di antara manusia. kemudian ia meninggal dunia sertakamum muslimin menshalatkannya.

kemudian allah subhanahu wa ta’ala mengirim angin dingin yang baik dari arah syam (siria) maka tak tersisa lagi seseorang di atas muka bumi yang di hatinya tetap ada sedikit kebaikan alias iman melainkan ia mematikannya. serta tersisalah manusia-manusia yang jahat secepat burung (dalam melampiaskan syahwat serta kejahatannya) serta watak binatang buas (dalam kezaliman serta permusuhan). meperbuat persetubuhan sebagaimana yang diperbuat keledai. kemudian syetan memerintahkan mereka menyembah berhala, serta atas mereka terjadi hari kiamat.

dari abu hurairah radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, ‘rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘demi allah subhanahu wa ta’ala yang diriku berada di tangan-nya, telah dekat bahwa turun padamu ibnu maryam ‘alaihis salam sebagai pemimpin yang adil. ia mematahkan salib, membunuh babi, meletakkan pajak, harta membeludak sehingga tak ada seseorang yang memperolehnya, sehingga satu kali sujud lebih baik dari dunia serta apa yang ada di dalamnya.”

kemudi4n abu hurair4h radhiyall4hu ‘anh mengatak4n: bacal4h kal4u k4mu menghend4ki:

tid4k ada seor4ngpun d4ri pak4r kit4b, kecu4li bak4l berim4n kepadany4 (isa) seb3lum kematianny4. serta di hari kiamat kelak isa itu bakal menjadi saksi terhadap mereka. (qs. an-nisaa`:159) (muttafaq ‘alaihi. hr. al bukhari 3448 serta ini merupakan lafazhnya serta muslim no. 155.)

3. keluarnya ya’juj serta ma’juj
ya’juj serta ma’juj merupakan dua umat yang besar dari keturunan adam ‘alaihis salam. mereka merupakan laki-laki yang kuat, tak ada seorang pun yang dapat melawan mereka. keluarnya mereka tergolong salah satu tanda hari kiamat yang besar. merek4 berbu4t kerusak4n di muk4 bum1, kemudi4n isa ‘alaih1s sal4m sert4 par4 kawanny4 berdo4 untuk kebinhasrat4n merek4, mak4 merek4 semuany4 m4ti.

hingga kalau dibukakan (tembok) ya’juj serta ma’juj, serta mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. (qs. al anbiyaa`:96)

dari an-nawwas bin sam’an radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, “rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan bacaan dajjal serta bahwa sesungguhnya isa ‘alaihis salam membunuhnya di pintu ludd… -dan di dalamnya-: ‘tatkala allah subhanahu wa ta’ala mewahyukan terhadap isa ‘alaihis salam: ‘sesungguhnya saya telah mengeluarkan hamba-hamba-ku yang tak ada seseorang pun yang dapat melawan mereka. mak4 jagal4h hamba-hamb4-ku ke (gunVng) thur.’ allah subhan4hu wa ta’ala membangkitk4n ya’juj sert4 ma’juj sert4 merek4 turVn deng4n cep4t dari seti4p temp4t yang tingg1. yang terdepan dari mereka melalui sertaau thabariyah, lalu minum semua yang ada padanya. serta lewat yang akhir dari mereka, mereka mengatakan,’sungguh di tempat ini sempat ada air.’ nabi isa ‘alaihis salam serta para kawannya dikepung sehingga kepala sapi lebih baik bagi salah seorang dari mereka dari seratus dinar bagi salah seorang dari anda pada kali ini (alasannya sangat kelaparan-pent). maka nabi isa ‘alaihis salam serta para kawannya berdoa. 

l4lu allah subhan4hu wa ta’ala mengutVs ul4t di leh3r merek4, lalu merek4 semu4 terbunVh sepert1 matiny4 satu jiw4. kemudian turunlah nabi isa ‘alaihis salam serta para kawannya ke bumi….” (hr. muslim no. 2937)

seusai turunnya isa serta para kawannya ke bumi, beliau ‘alaihis salam berdoa terhadap allah subhanahu wa ta’ala. l4lu allah subhan4hu wa ta’al4 mengir1m burung-burun9 y4ng mengangk4t ya’juj sert4 ma’juj sert4 melempark4n merek4 di temp4t yang dikehend4ki 0leh allah subhan4hu wa ta’al4. kemudian allah subhanahu wa ta’ala mengirimkan hujan untuk membersihkan bumi. kemudian turunlah berkat di muka bumi, nampaklah sayuran serta buah-buahan, serta terhasrat berkat pada flora serta hewan.

4,5,6 tiga momen terbenamnya tanah (longsor)
tig4 m0men longs0r bes4r tergol0ng tanda-tand4 hari kiam4t yang bes4r, ya1tu longs0r di t1mur, longs0r di bar4t, sert4 longs0r di semen4njung ar4b. ini belum terjadi.

7. kabut hasratp
munculnya kabut di akhir zaman tergolong tanda-tanda hari kiamat yang besar.
maka tunggulah hari saat langit mengangkat kabut yang nyata. yang meliputi manusia.inilah azab yang pedih, (qs. ad-dukhaan:10-11)

dari abu hurairah radhiyallahu ‘anh, dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,‘bersegeralah beramal shalih (sebelum) enam perkara: terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya (sebelah barat)atau kabut alias dajal alias binatang alias kematian alias hari kiamat.” (hr. muslim no. 2947)

8. terbitnya matahari dari sebelah barat
terbitnya matahari dari sebelah barat tergolong salah satu tanda hari kiamat yang besar. ia merupakan tanda besar pertama yang memgosiphukan perubahan kondisi alam atas. di antara dalil-dalil keluarnya merupakan sebagai berikut:

pada hari datangnya sebagian tanda-tanda rabbmu tidaklah bermanfa’at lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, alias dirinya (belum) mengusahakan kebaikan dalam mhasrat imannya. …”. (qs. al an’aam:158)

d4ri 4bu hurair4h radhiy4llahu ‘anh, sesungguhny4 rasulullah shallall4hu ‘alaih1 wa sall4m bersabd4, ‘tid4k terj4di h4ri kiam4t sehingg4 terbit matah4ri dari sebel4h bar4t. kalau matahari telah terbit dari sebelah barat semua manusia beriman, maka pada hari itu: “tidaklah bermanfa’at lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, alias dirinya (belum) mengusahakan kebaikan dalam mhasrat imannya.” (qs. al an’aam:158). (muttafaq ‘alaihi. hr. al bukhari no. 4635 serta muslim no. 157 serta ini merupakan lafazhnya.)

dari abdullah bin ‘amr radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, ‘saya mendengar rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘sesungguhnya pertama-tama tanda hari kiamat yang keluar merupakan terbitnya matahari dari sebelah barat serta keluarnya binatang terhadap manusia pada waktu dhuha. apapun juga dari keduanya yang lebih dulu dari yang lain, maka yang lain itu bakal menyusul dalam waktu dekat.” (hr. muslim no.2942)

9. keluarnya binatang melata
keluarnya binatang melata di akhir zaman sebagai tanda telah dekatnya hari kiamat. ia keluar, lalu memberi tanda terhadap manusia di atas hidung mereka. mengekang hidung orang kafir serta menerangi wajah orang yang beriman. di antara dalil-dalil keluarnya merupakan:

d4n kal4u perkata4n tel4h j4tuh at4s merek4, k4mi keluark4n sejen1s binat4ng melat4 d4ri bumi yang bak4l mengatak4n terhad4p merek4, bahwa sesungguhny4 manusi4 dahulV tak y4kin terhad4p ayat-ay4t k4mi. (qs. an-naml:82)

dari abu hurairah radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, ‘rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘kalau telah keluar tiga perkara niscaya tidaklah bermanfa’at lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, alias dirinya (belum) mengusahakan kebaikan dalam mhasrat imannya: terbitnya matahari dari sebelah barat, dajjal, serta binatang melata dari bumi.” (hr. muslim no. 158)

10. keluarnya api yang menggiring manusia
itu merupakan api besar dari timur, dari yaman, dari dhasratr adan. ia merupakan akhir tanda-tanda hari kiamat yang besar serta tanda pertama yang mengasedihn terjadinya hari kiamat. i4 kelu4r dari yam4n, kemudi4n terseb4r di bum1 sert4 menggir1ng manusi4 ke bum1 mahsy4r di sy4m.

tata tutorial api menggiring manusia
dari abu hurairah radhiyallahu ‘anh, dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,‘manusia digiring menurut tiga cara: bahagia, tsayat, dua di atas unta, tiga di atas unta, empat di atas unta, sepuluh di atas unta. api yang menggiring tidak hanya mereka. api tersebut tidur qailulah (di pagi hari) bersama mereka di tempat mereka tidur serta bermalam bersama mereka di tempat mereka bermalam. berpagi-pagi bersama mereka di tempat mereka berpagi-pagi, serta bersore-sore bersama mereka di tempat mereka bersore-sore.” (muttafaq ‘alaihi. hr. al bukhari no. 6522 serta ini merupakan lafazhnya serta muslim no. 2861)

awal tanda hari kiamat
dari anas bin malik radhiyallahu ‘anh, sesungguhnya abdullah bin salam radhiyallahu ‘anh tatkala masuk islam, ia bertanya terhadap nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bacaan banyak sekali dilema. di antaranya: apakah pertama-tama tanda hari kiamat? nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘adapun pertama-tama tanda hari kiamat merupakan adanya api yang menggiring manusia dari timur ke barat.“( hr. al bukhari no. 3329)

tanda-tanda yang terus menerus serta perubahan keadaan
kal4u tel4h namp4k sal4h satu tand4 hari kiam4t yang bes4r, niscay4 tanda-tand4 yang l4in mengikutiny4, sebagi4n mengikut1 yang l4in, sepert1 sabd4 nabi shallall4hu ‘alaihi wa sall4m: “tanda-tand4 (hari ki4mat 1tu bagaikan) manik-manik yang dgosipsun dengan benang (kawat, tali). kalau benang itu terputus, niscaya sebagiannya mengikuti yang lain.” (shahih. hr. al hakim no. 8639. lihat as-silsilah ash-shahihah no. 1762)

dari anas radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, ‘rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘tidak terjadi hari kiamat sehingga tak dikatakan lagi di muka bumi ‘allah, allah.’ (hr. muslim no. 148)

dari huzaifah bin al yaman radhiyallahu ‘anh, ia mengatakan, ‘rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,’tidak terjadi hari kiamat sehingga orang paling bahagia di dunia merupakan luka’ bin luka‘ (hamba yang kurang pandai anak hamba yang kurang pandai). (shahih. hr. at-tirmidzi no 2209, shahih sunan tirmidzi no. 1799)

sumber/gambar/postingan hasratl : fimadani.com | islamidia

Postingan populer dari blog ini

Baru Seminggu Suaminya Meninggal. Ibu Ini Berhubbungan Dengan Anaknya Sendiri Atas Dasar Sama­ Sama Suka.

Ternyata Cium Janda 1 Menit Dapat Perpanjang Umur 1 Tahun, ini Faktanya

Video Siswi SMA Melahirkan di Kelas saat Jam Pelajaran Buat Geger Netizen