10 Pekerjaan Ini Haram Di Mata Rasulullah, No 3 dan 7 Paling Banyak Dilakukan

Dari Abu Hurairah ra dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda : “Sangatlah bakal tiba terhadap manusia satu saat, ketika itu orang tidak bakal mempedulikan dari mana ia memperoleh harta kekayaan, apakah dari jalan yang halal ataukah jalan yang haram.



Musibah, bencana alam, keserakahan manusia, pola hidup hedonis yang tamak dan rakus, semua merupakan penyebab timbulnya tidak seimbangan, baik pada alam ataupun dengan tutorial sosial. Dari sudut pandang sunnatullah, semuanya merupakan bentuk ujian yang Allah berbagi pada tiap-tiap manusia. Tetapi, dari pojok pandang human’s behaviour (tingkah laku manusia), sehingga semuanya musibah itu yaitu dampak perilaku mereka.

Semuanya bencana itu bakal berimbas pada problem kemanusiaan. Ekonomi turun, persediaan pangan terancam, lahan pekerjaan sehingga sempit, sesaat kebutuhan manusia rutin jalan dan condong melonjak, baik lantaran sudut bertambahnya masyarakat maupun beralih pola hidup manusia yang condong materialistik.

Dalam keadaan seperti itu, kerapkali manusia sehingga gelap mata pada saat kebutuhan mereka tidak tercukupi. Perut yang lapar dan tuntuan hidup berbagai orang yang dijaminnya (anak dan istri), wajib bakal memaksa mereka untuk meniti jalan yang mungkin saja saja berbuah pada sikap menghalalkan semua langkah ; yang khususnya perut bisa diganjal, anak dan istri tidak bakal menangis kelaparan dan kebutuhannya tercukupi.

Berikut keadaan dimana kali ini kami hidup. Faktor kesenjangan sosial pada si kaya dan si miskin tidak disangkal sehingga penyebab lahirnya hasrat manusia untuk mencari keadilan dengan cara-cara haram.

Berbagai orang kaya yang kegemaran pamer kekayaan dan kerap jual style hidupnya pada berbagai orang miskin, ‘telah memberi dorongan mereka untuk lakukan apa pun asal mereka bisa nikmati seperti yang hingga saat ini mereka lihat. Jadi, begitu cocoknya keadaan kini ini dengan apa yang dinubuwatkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam kisah diatas.

Rezki Allah itu begitu luas

Pameo classic yang memberi tau kalau ‘mencari yang haram saja sulit, terlebih yang halal’ terang merupakan satu argumen yang klise dan janggal, meski kenyataannya sekian. Sebetulnya mata pencaharian itu begitu tidak sedikit ragamnya. Sepanjang ia merupakan sebuahfaktor yang halal, baik, dan tidak tidak mematuhi ketetapan syariat, sehingga ia yaitu pekerjaan yang diberkahi.

Seseorang muslim bisa melakukannya. Apabila pekerjaan itu berbentuk satu kemaksiatan, kemungkaran, kezaliman, kecurangan, penipuan, alias pelanggaran pada bebrapa ketetapan umum syariat, sehingga ia yaitu pekerjaan yang haram, meski membuahkan harta kekayaan dalam jumlah yang tidak sedikit. Seseorang muslim wajib menjauhi dan meninggalkannya.

Jauhi pekerjaan-pekerjaan ini :

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah memperingatkan umatnya untuk mewaspadai pekerjaan-pekerjaan yang haram ini. Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan satu diantara sinyal rusaknya adab umat manusia dengan ketidakpedulian mereka pada langkah mencari harta kekayaan. Diantara mata pencaharian yang dilarang yaitu :

1. Pekerjaan yang berbentuk kesyirikan dan sihir, seperti perdukunan, paranormal, ‘orang pintar’, 

peramal hidup, dan hal-hal yang seperti dan semakna dengannya.

2. Pekerjaan yang berbentuk bebrapa fasilitas menuju kesyirikan, seperti sehingga juru kunci makam, 

bikin patung, melukis foto makhluk yang bernyawa, dan berbagai faktor yang seperti dan semakna dengannya.

3. Memperjual belikan berbagai faktor yang diharamkan oleh syariat, seperti bangkai, babi, darah, 

anjing, patung, lukisan makhluk yang bernyawa, minuman keras, narkotika, dan lain sebagainya.

Dari Abu Mas’ud al-Anshari ra sebetulnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang harta dari harga penjualan anjing, gaji wanita pezinaan, dan gaji seseorang dukun. 2)

Dari Abu Juhaifah ra ia mengatakan : “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah melarang harta hasil penjualan darah, penjualan anjing, gaji budak perempuan yang dipekerjakan untuk berzina (gaji mucikari). Beliau melaknat perempuan yang bikin tato, perempuan yang memohon ditato, orang yang mengonsumsi harta riba, orang yang memberbagi riba, dan orang yang bikin patung. ” 3)

Dari Jabir bin Abdillah ra sebetulnya ia telah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda di Mekah pada th. penaklukkan Mekah : “Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya telah mengharamkan penjualan khamer, bangkai, babi, dan patung. ” Sehingga ada seorang ajukan pertanyaan : “Wahai Rasulullah, bagaimana pendapat Kamu mengenai jual lemak bangkai, lantaran ia bisa digunakan untuk mengecat perahu, meminyaki kulit, dan orang-orang umum mempergunakannya untuk minyak lampu penerangan? ” Sehingga beliau menjawab : “Tidak bisa menjualnya, ia tetap haram. ”

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam lantas bersabda: “Semoga Allah memerangi kaum Yahudi. Ketika Allah mengharamkan atas mereka lemak bangkai, mereka mencairkannya lalu menjualnya dan memakan harganya.”4)

Dari ‘Aisyah radiyalaahu ‘anhuma ia mengatakan: “Ketika diturunkan ayat-ayat di belakangan surat Al-Baqarah mengenai riba (ayat 275 dst) , Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam keluar ke masjid dan membacakannya terhadap masyarakat. Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kemudian mengharamkan perdagangan khamer, minuman keras. 5)

4. Memakan harta riba.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah anda terhadap Allah dan tinggalkanlah riba yang tetap ada pada diri kalian, apabila anda sangatlah beriman. Apabila anda tidak mau melakukannya, maka terimalah pemkabarhuan perang dari Allah dan Rasul-Nya. ” (QS Al-Baqarah [2] :278-279)

5. Menimbun bahan-bahan perdagangan di saat harganya terjangkau dan diperlukan oleh masyarakat 

dengan tujuan meraih keuntungan yang berlipat ganda pada saat harganya melambung tinggi.

Dari Ma’ mar bin Abdullah al-Anshari ra dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda:

“Barang siapa menimbun, ia telah berbuat salah.” Dalam lafal yang lain: Tidak ada orang yang melakukan penimbunan tidak hanya orang yang berbuat salah.“ 6)

Dari Umar bin Khathab ra , ia mengatakan: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Barangsiapa menimbun bahan makanan yang diperlukan oleh kaum muslimin, Allah Subhanahu wa Ta’ala bakal menimpakan penyakit lepra dan kebangkrutan kepadanya.” 7)

6. Perjudian.

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamer (minuman keras), perjudian, berkurban untuk berhala-berhala, dan mengundi hidup dengan anak panah merupakan lakukanan keji dan tergolong lakukanan setan, maka jauhilah oleh anda lakukanan-lakukanan tersebut supaya anda memperoleh keberuntungan.

Sesungguhnya setan bermaksud memunculkan permusuhan dan kebencian di antara anda lantaran meminum khamr dan melakukan perjudian dan menghalang-halangi {melalaikan} anda dari dzikir terhadap Allah dan dari shalat. Maka mengapa anda tidak mau berhenti? (QS Al-Maidah [5]: 90-91).

7. Memakan harta anak yatim dengan cara dzalim.

Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan cara dzalim, sebetulnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka bakal masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). (QS An-Nisa’ [4): 10).

Hai orang-orang yang beriman, janganlah anda saling memakan harta sesama anda dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kalian. (QS An-Nisa’ [4]: 29).

8. Mencuri, mencopet, menjambret, dan merampok.

Pencuri laki-laki dan pencuri perempuan, maka potonglah (pergelangan) tangan-tangan mereka sebagai hukuman dari Allah atas kejahatan mereka. (QS Al-Maidah [5]: 38).

9. Mengurangi timbangan dan takaran.

Kecelakaan bagi orang-orang yang melakukan kecurangan dalam timbangan, yaitu kalau menakar milik orang lain untuk dirinya, ia meminta disempurnakan. Tetapi, apabila mereka menakar barang dagangan mereka untuk orang lain, ia memenyesalkan orang lain (dengan mengurangi takaran). (QS Al-Muthaffifin: 1-3).

10. Korupsi dan penipuan terhadap rakyat.

Dari Ma’qil bin Yasar ra ia mengatakan: Saya mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah bersabda: “Tidak ada seorang hamba pun yang diberi amanat oleh Allah untuk menjadi pemimpin sebuah masyarakat lalu ia tidak memimpin mereka dengan ketulusan (kejujuran), kecuali ia tidak bakal memperoleh aroma surga.” Dalam lafal Muslim: “… kecuali Allah mengharamkan surga atasnya.“ 8)

11. Menunda-nunda pembayaran gaji buruh dan karyawan alias mengurangi hak-hak mereka.

Dari Abu Hurairah ra dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda: “Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman ‘Ada tiga golongan yang Aku menjadi musuh mereka; orang yang memberbagi sumpah setia dengan menyebut nama-Ku lalu ia mengkhianati, orang yang menjual orang merdeka lalu ia memakan hasil penjualannya, dan orang yang mempekerjakan seorang buruh lalu si buruh menuntaskan pekerjaannya sementara ia tidak mau membayarkan upahnya.” 9)

1. HR. Bukhari : Kitab al-buyu’ bab man lam yubali min haitsu kasaba al-mal no. 2059 bab qauluhu ta’ala Ali Imran : 130 no. 2083, An-Nasa’i dan Ahmad. ‘

2. HR. Bukhari : Kitab al-buyu’ bab tsaman al-kalb no. 2237,.

3. HR. Bukhari : Kitab al-buyu’ bab mukil al-riba no. 2086, bab tsaman al-kalb no. 2238.

4. HR. Bukhari : Kitab al-buyu’ bab bai’i al-maitah wa al-ashnam no. 2236? 90 HR. Bukhari : Kitab al-shalat bab tahrim tijarat al-khamr fi al-masjid no. 459.

5. HR. Muslim: Kitab al-musaqat bab tahrim alihtikar fi al-aqwat no. 1605,.

6. HR. Ibnu Majah : Kitab al-tijarah bab al-hukrah wa al-jalb no. 2155. AI-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan: sanadnya hasan.

7. HR. Bukhari : Kitab al-ahkam bab man ustur’iya ra’iyah falam yanshah lahum no. 7150 Muslim: Kitab al-imarah bab fadhilat al-imam al-‘adil wa ‘uqubat al-jaair no. 1831. ‘ .

8. HR. Bukhari: Kitab al-buyu’ bab itsm man ba’a hurran no. 2227.

(Sumber: Akhir Zaman: Abdur Rahman Al-Wasithi, Dari: 100 Hadits Mengenai Nubuat Akhir Zaman, Az-Zahra Mediatama, Hal. 102-108)

Postingan populer dari blog ini

Baru Seminggu Suaminya Meninggal. Ibu Ini Berhubbungan Dengan Anaknya Sendiri Atas Dasar Sama­ Sama Suka.

Ternyata Cium Janda 1 Menit Dapat Perpanjang Umur 1 Tahun, ini Faktanya

Video Siswi SMA Melahirkan di Kelas saat Jam Pelajaran Buat Geger Netizen