29 Nama-nama Hari Akhir dalam Al-Quran Lengkap Artinya serta Penjelasannya

man Terhadap hari akhir adalah rukun iman dala islam nomor 5. Iman terhadap hari akhir adalah mengimani semua yang terjadi di alam barzakh (di antara dunia serta akhirat) berupa fitnah kubur (nikmat kubur alias siksa kubur). Mengimani tanda-tanda hari kiamat. Mengimani hari kebangkitan di padang mahsyar hingga beres di Surga alias Neraka.



Dalam ayat al-Quran surah Al-Luqman dijelaskan, semacam berikut ini.
Yang artinya:
“Hai manusia, bertakwalah terhadap Tuhanmu serta takutilah sebuahhari yang (pada hari itu) seorang bapak tak bisa membantu anaknya serta seorang anak tak bisa (pula) membantu bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kenasiban dunia memperdayakan kamu, serta jangan (pula) penipu (syaitan) memperdayakan kalian dalam (mentaati) Allah. (QS : Al – Luqman ayat 33)”

Selain ayat diatas, tetap tak sedikit lagi beberpa ayat dalam Al-Quran yang membahas mengenai hari akhir semacam dalam Surah Al-Qariah.
Hari akhir mempunyai nama lain yang diberbagi oleh Allah SWT. nama-nam atersebut mengfotokan keadaan hari kiamat hingga manusia di lahirkan. dihisab serta memperoleh pembalasan dari Allah SWT.

Nama-Nama Hari Akhir
Berikut ini adalah nama-nama hari akhir yang wajib kami imani.

Yaumul Akhir yaitu hari akhir
Disebutkan dalam Q.S Al-Baqarah ayat 8, yang artinya : Serta diantara manusia ada yang mengatakan, “Kami beriman terhadap Allah serta hari akhir”, padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman“.

Yaumul Qiyamah yaitu hari kiamat.
Disebutkan dalam Q.S Al-Baqarah ayat 85, yang artinya : “Maka tak ada balasan (yang pantas) bagi orang-orang yang berbuat demikian diantara kalian tidak hanya kenistaan dalam kenasiban dunia, serta pada hari kiamat mereka dikembalikan terhadap azab yang paling berat. Serta Allah tak lengah terhadap apa yang kalian kerjakan“.

Yaumul Ba’ats yaitu hari kebangkitan
Disebutkan dalam QS. Ar-Rum ayat 56 , yang artinya “Dan mengatakan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan serta keimanan (kepada orang-orang yang kafir): “Sesungguhnya kalian telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, hingga hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu bakal namun kalian rutin tak meyakini(nya)”.

Yaumul Hisab yaitu hari perhitungan
Disebutkan dalam Q.S Sad ayat 16 yang arinya : “Dan mereka mengatakan, “Ya Tuhan kami, segerakanlah azab yang diperuntukkan bagi kami sebelum hari perhitungan“

Yaumul Hasrah yaitu hari penyesalan
Disebutkan dalam QS.Maryam ayat 39 , yang artinya : “Dan mengatakan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan serta keimanan (kepada orang-orang yang kafir): “Sesungguhnya kalian telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, hingga hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu bakal namun kalian rutin tak meyakini(nya)”.

Yaumul Diin yaitu hari pembalasan
Disebutkan dalam QS. AL-Fatihah ayat 4, yang artinya : “Yang menguasai hari pembalasan“.

Yaumul Wa’id yaitu hari terlaksananya ancaman.
Disebutkan dalam QS. ayat 20,yang artinya : “Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari terlaksananya ancaman“.

Yaumul Taghabun yaitu hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan
Disebutkan dalam QS.At-Taghabun, yang artinya : “(Ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan kalian pada hari berhimpun, itulah hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan…”

Yaumul Khulud yaitu hari kekekalan.
Disebutkan dalam QS. Qaf ayat 34, yang artinya : “Masuklah ke (dalam surga) dengan aman serta damai. Itulah hari yang abadi”.

Yaumul Fasli yaitu hari keputusan
Disebutkan dalam QS.Ad-Dukhan ayat 40 yang artinya : “Sungguh hari keputusan (hari kiamat) itu adalah waktu yang dijanapabilan bagi mereka semuanya”

Yaumul Jam’i yaitu hari berkumpul
Disebutkan dalam QS. Asy-Syura ayat 7, yang artinya : “….Serta memberi peringatan pula mengenai hari berkumpul (kiamat) yang tak ada keraguan padanya“.

Yaumul Fathi yaitu hari kemenangan
Disebutkan dalam QS. As-Sajdah ayat 29, yang artinya : “Pada hari kemenangan itu, tak berkegunaaan lagi bagi orang-orang kafir keimanan mereka serta mereka tak diberi penangguhan”

Yaumul Haq yaitu hari yang tentu terjadi
Disebutkan dalam QS.An-Naba ayat 39, yang artinya : “Itulah hari yang tentu terjadi. Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dirinya menempuh jalan kembali terhadap Tuhannya”

Yaumul ‘Asir yaitu hari yang susah
Disebutkan dalam QS.Al-Mudassir ayat 9, yang artinya : “Yaumul ‘Asir yaitu hari yang susah”

Yaumul Tanad yaitu hari panggil terbuktigil
Disebutkan dalam QS.Al-Mu’min ayat 32, yang artinya : “Dan wahai kaumku!Sesungguhnya aku sangatlah khawatir terhadapmu bakal (siksaan) hari saling terbuktigil“

Yaumul Kabir yaitu hari yang besar
Disebutkan dalam QS.Hud ayat 3, yang artinya : “…Dan apabila kalian berpaling, maka sungguh, aku takut kalian bakal ditimpa azab pada hari yang besar (kiamat)”

Yaumul Khuruj yaitu hari keluar dari kubur
Disebutkan dalam QS.Qaf, yang artinya: “(Yaitu) pada hari (ketika) mereka mendengar suara dahsyat dengan sebetulnya. Itulah hari keluar (dari kubur)”

Yaumul Mau’ud yaitu hari yang dijanapabilan
Disebutkan dalam QS.AL-Buruj ayat 2, yang artinya :“Dan demi hari yang dijanapabilan“

Yaumus Sa’ah yaitu hari yang menentukan
Disebutkan dalam QS. Al-An’am yang artinya :“Sungguh telah menyesallah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Tuhan; jadi apabila kiamat datang terhadap mereka dengan tiba-tiba, mereka mengatakan: “Alangkah besarnya penyesalan kami, terhadap kelalaian kami mengenai kiamat itu!”, sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah, amat kurang baiklah apa yang mereka pikul itu”

Yaumul Mahsyar yaitu hari berkumpul
Disebutkan dalam QS.Al-kahfi ayat 47 yang artinya : “…Dan Kami kumpulkan seluruh manusia, serta tak kami tinggalkan seorangpun dari mereka“.

Yaumun ‘Aqiim yaitu hari siksaan
Disebutkan dalam QS. Al-Hajj ayat 55,yang artinya : “Dan senantiasalah orang-orang kafir itu berada dalam keragu-raguan terhadap Al Quran, hingga datang terhadap mereka saat (kematiannya) dengan tiba-tiba alias datang terhadap mereka azab hari kiamat“.

Darul Akhirah yaitu negeri Akhirat
Disebutkan dalam QS.Al-Ankabut ayat 64 yang artinya :“Dan tiadalah kenasiban dunia ini melainkan senda gurau serta main-main. Serta sesungguhnya akhirat itulah yang sebetulnya kenasiban, kalau mereka mengenal“.

Darul Qarar yaitu tempat kembali
Disebutkan dalam QS.Al-Mu’min ayat 39, yang artinya : “Hai kaumku, sesungguhnya kenasiban dunia ini hanyalah kebahagiaan (sementara) serta sesungguhnya akhirat itulah negeri yang abadi (tempat kembali)“.

Al-Ghasyiyah yaitu hari pembalasan
Disebutkan dalam QS.Al-Ghasyyiah ayat 1, yang artinya : “Telah datangkah kepadamu kabar (mengenai) hari pembalasan?“.

As-Sokhkhoh, artinya suara yang memekikkan telinga.
Sebab pada hari itu ditiupkan sangkakala yang suaranya begitu dahsyat serta keras yang memekikan telinga.

At-Thammah al-Kubra yaitu perkara besar.
At-Thammah artinya adalah sesuatu yang mengalahkan yang lain, terambil dari kata bahasa arab yaitu “Thamma-Yatummu” yang maknanya adalah Ghalaba Yaghlibu artinya mengalahkan, sedangkan kata al-Kubra artinya yang dahsyat, di namakan demikian sebab dahsyatnya hari kiamat mengalahkan segala perkara dahsyat lainnya yang ada di dunia ini.

Yaumul Azifah yaitu hari yang dekat
Sebab terjadinya hari kiamat itu telah dekat waktunya.
Yaumul Taghabun (hari kemenyesalan).
Sebab pada hari itu penduduk neraka memenyesal serta tahap mereka di ambil alih oleh penduduk surga.

Demikian info yang diberbagi mengenai Nama-nama Hari Akhir dalam Al-Quran Lengkap Artinya serta Penjelasannya . Semoga dengan diberbaginya info ini meningkatkan kecintaan pembaca terhadap Agama Islam. Terimakasih

Postingan populer dari blog ini

Baru Seminggu Suaminya Meninggal. Ibu Ini Berhubbungan Dengan Anaknya Sendiri Atas Dasar Sama­ Sama Suka.

Ternyata Cium Janda 1 Menit Dapat Perpanjang Umur 1 Tahun, ini Faktanya

Video Siswi SMA Melahirkan di Kelas saat Jam Pelajaran Buat Geger Netizen