Pengertian Mukjizat serta Macam-Macam Mukjizat yang dimiliki Oleh Nabi serta Rasul Allah

Kalian semua tentu telah mengenal mengenai cerita Nabi Musa yang membelah lautan dengan tongkatnya demi lari dari kejaran Fir’aun dan kaumnya. Yang saat itu kaum Anak cucu Israil dibawah ceo Nabi Musa merasa cemas dan takut makin mencekam ketika menonton lautan yang terbentang di depan mereka sedangkan di belakang mereka telah dikejar oleh Fir’aun dan kaum kafirnya dan bala tentaranya yang bakal berusaha mengembalikan mereka ke Mesir. 



Sampai salah satu sahabat nabi Musa mengatakan “Wahai Musa, kemana kita harus pergi?” , Lalu Musa menjawab ” Janganlah kalian khawatir dan cemas, perjalanan kita telah diperintahkan oleh Allah kepadaku. dan Dialah yang bakal memberi jalan keluar dan menyelamatkan kita dengan cengkaman musuh yang zalim itu. Ketika pada pengikut Nabi Musa merasa berdebar-debar ketakutan, lalu turunlah Wahyu Allah terhadap Nabi-NYA dengan perintah supaya memukul air laut memakai tongkatnya. Maka dengan ijin Allah terbelahlah laut itu, dan tip-tiap belahan semacam gunung yang besar.

Penjelasan pendek di atas adalah mu’jizat yang Allah berbagi untuk Nabi Musa. Mu’jizat adalah perkara menarik yang diperbuat oleh Allah melewati para Nabi dan Rasul-NYA untuk membuktikan kebenaran kenabian, kerasulan dan keabsahan risalahnya.

Mukjizat di pakai para nabi dan rasul hanya untuk membela diri dan menjawab tantangan orang-orang kafir. Firman Allah Swt dalam Al-Qur’an,
Artinya : “Apabila Kita menghendaki,niscaya kita turunkan terhadap mereka mukjizat dari langit, yang bakal membikin tengkuk mereka tunduk dengan rendah hati kepadanya.” (QS. Asy-Syu’ara : 4)

Pengertian Mukjizat
Secara bahasa, mukjizat berasal dari kara Mukjiz yang berarti sesuatu yang melemahkan alias mengalahkan. Menurut istilah Mukjizat berarti sesuatu yang menarik yang terjadi pada diri nabi alias Rasulullah untuk membuktikan bahwa dia adalah Nabi alias Rasul Allah yang tak bisa ditiru oleh siapapun.

Setiap muslim harus mempercayai adanya Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi dan Rasul. Sebab Mukjizat adalah kekuasaan yang telah di kehendaki Allah, bahkan Rasul juga tak mempunyai hak untuk menunjukkan mukjizat tanpa izin dari Allah. Semacam dalam Surah Ar Ra’ad ayat 38 yang berbunyi :

” Dan sesungguhnya, kita telah mengutus berbagai Rasul sebelum kalian dan kita memberbagi terhadap mereka istri-istri dan keturunan. Dan tak ada hak bagi seorang rasul mendatangkan sebuahayat (MUKJIZAT) melainkan dengan seizin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada kitab (yang tertentu). ” (Q.S. Ar Ra’d [13] : 38)

Macam Macam Mukjizat
Mukjizat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu
Mukjizat Kauniyah
Mukjizat Kauniyah adalah mukjizat yang berkaitan dengan momen alam, semacam momen dibelahnya bulan menjadi 2 oleh Nabi Muhammad dan Momen dibelahnya Laut Merah oleh Nabi Musa as dengan tongkat.

Mukjizat Syakhsiyyah
Mukjizat Syakhsiyyah adalah mukjizat yang keluar dari tubuh seorang nabi dan Rasul, semacam momen air yang keluar dari lubang-lubang jari Rasulullah SAW, cahaya bulan yang memancar dari tangan nabi Musa as, dan momen penyembuhan penyakit buta dan kusta oleh Nabi Isa as.

Mukjizat Salbiyyah
Mukjizat Salbiyyah adalah mukjizat yang membikin sesuatu tak berdaya semacam ketika Nabi Ibrahim as dibakar oleh Raja Namrud tetapi api tak sanggup membakarnya.

Mukjizat Aqliyyah
Mukjizat Aqliyyah adalah mukjizat yang rasional alias masuk akal, hanya ada satu contoh yaitu Al-Quran.

Demikian pembahasan yang diberbagi mengenai Arti Mukjizat dan Macam-Macam Mukjizat , semoga info yang diberbagi berguna,

Postingan populer dari blog ini

Baru Seminggu Suaminya Meninggal. Ibu Ini Berhubbungan Dengan Anaknya Sendiri Atas Dasar Sama­ Sama Suka.

Ternyata Cium Janda 1 Menit Dapat Perpanjang Umur 1 Tahun, ini Faktanya

Video Siswi SMA Melahirkan di Kelas saat Jam Pelajaran Buat Geger Netizen