Inilah 3 Waktu Paling baik Untuk Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Serta hukum sholat tahajud adalah sunnah muakkadah, yang artinya sangat dianjurkan.



Sholat tahajud sangat dianjurkan untuk dikerjakan sebab mempunyai fadhilah yang besar. Diantaranya sudah disebutkan dalam berbagai hadits berikut ini :

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surga serta di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberbagi oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, serta di belakangan malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Adz-Dzariyat: 15-18)

Rasulullah SAW sempat bersabda: “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan serta sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau bakal masuk surga dengan selamat” (HR. Ibnu Majah, dishohihkan oleh Al Albani)

“Suatu hari sempat diceritakan terhadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai orang yang tidur semalam suntuk tanpa mengingat untuk sholat, maka beliau menyebutkan: “Orang tersebut sudah dikencingi setan di kedua telinganya ” (Muttafaqun ‘alaih)

Rasulullah SAW juga menceritakan: “Setan mengikat pada tengkuk setiap orang diantara anda dengan 3 ikatan (simpul) ketika anda bakal tidur. Setiap simpulnya ditiupkanlah bisikannya (kepada orang yang tidur itu): “Bagimu malam yang panjang, tidurlah dengan nyenyak.” Maka apabila (nyatanya) ia bangun serta menyebut nama Allah Ta’ala (berdoa), maka terurailah (terlepas) satu simpul . 

Kemudian apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi Serta kemudian apabila ia sholat, terurailah simpul yang terbaru. Maka ia berpagi hari dalam keadaan segar serta bersih jiwanya. Apabila tak (yakni tak bangun sholat serta ibadah di malam hari), maka ia berpagi hari dalam keadaan kotor jiwanya serta malas (beramal shalih)” (Muttafaqun ‘alaih)

Meskipun tak sedikit sekali keutamaannya, tetapi sholat tahajud adalah sholat yang berat untuk dikerjakan oleh sebagian besar kaum muslimin. Hanya sedikit yang sanggup mengerjakannya sebab mungkin terkait dengan waktu pelaksanaannya di saat orang sedang enak-enaknya tidur.

Sebetulnya berat alias ringannya pelaksanaan sholat ini tergantung besarnya azzam seseorang dalam ketaatan pada Rabbnya.

Dalam pelaksanaan sholat tahajud, ada 3 waktu paling baik yang harus kamu ketahui, yaitu :

1.Semacamga malam yang pertama

Waktunya di mulai usai sholat isya hingga pukul 22.00. Untuk melaksanakan sholat tahajud sebaiknya diawali tidur dulu meskipun sebentar.

2.Semacamga malam yang kedua

Rentang waktunya dimulai dari pukul 22.00 hingga pukul 01.00. Di waktu ini terbukti tak sedikit orang sulit untuk bangun malam.

3.Semacamga malam yang ketiga (terbaru)

Waktu ini adalah waktu yang paling utama. Yaitu antara pukul 01.00 hingga memasuki waktu subuh.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda: “Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terbaru. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepadakepada- Ku pasti Aku ampuni. Demikianlah kondisinya hingga terbit fajar” (HR. Bukhari no. 145 serta Muslim no.758)

Itulah 3 waktu paling baik untuk sholat tahajud. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’alamemudahkan kami semua untuk mengerjakan sholat yang mempunyai fadhilah yang besar ini.Amiin.

Sumber : https://wahidnews.com

Postingan populer dari blog ini

Baru Seminggu Suaminya Meninggal. Ibu Ini Berhubbungan Dengan Anaknya Sendiri Atas Dasar Sama­ Sama Suka.

Ternyata Cium Janda 1 Menit Dapat Perpanjang Umur 1 Tahun, ini Faktanya

Video Siswi SMA Melahirkan di Kelas saat Jam Pelajaran Buat Geger Netizen