Wajib Anda Tahu! Terungkap Inilah 6 Kelemahan Setan & Jin... No. 6 Anda Pasti Tidak Menyangka

Mesikipun setan dan jin memiliki performa-performa yang tak dimiliki oleh manusia, bakal namun al-Qur’an dengan tegas mengatakan bahwa hakikatnya setan dan tipu dayanya itu merupakan lemah. Berikut merupakan beraneka ragam kelemahan setan dan jin , diantaranya:



1. Tak bisa mengalahkan orang-orang saleh.
Bukti bahwa setan alias jin tak bakal bisa mengalahkan orang saleh merupakan perkataan setan sendiri ketika berdialog dengan Allah dalam surat al-Hijr ayat 39-

“Iblis mengatakan: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku bakal menjadikan mereka memandang baik (lakukanan ma’siat) di muka bumi, dan pasti aku bakal menyesatkan mereka semuanya, tidak lain hamba kamu yang mukhlis di antara mereka”. (QS. Al- Hijr 15: 39-40).

Dari ayat ini dapat dipahami kalau yang mengakibatkan setan itu dapat menguasai seseorang adalah karena melakukan dosanya. Ketika seseorang itu dekat dengan Allah, maka setan pun bakal lari dan tak bakal sempat berani mendekatinya apalagi menguasainya.

2. Setan takut dan lari oleh sebagian hamba Allah
Jika seseorang betul-betul memegang aliran agamanya dengan benar dan menancapkan keimanannya dengan tangguh, maka setan pun bakal takut dan lari. Faktor ini umpama tersedia pada diri Umar bin Khatab. Dalam suatu hadits riwayat Imam Turmu-dzi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda terhadap Umar: “Sesungguhnya setan sangat takut olehmu, wahai Umar” (HR. Turmudzi).

Bukan hanya terhadap Umar, bakal namun setan (jin kafir) juga bakal takut oleh orang-orang beriman yang betul-betul dengan keimanannya. Dalam al-Bidayah wan Nihayah, Ibnu Katsir sempat mengutip suatu hadits berikut ini:

Bahkan, jika seseorang betul-betul dan semakin menerus taat dan shaleh, ia bisa mengangkat qarinnya (penyertanya, sebab setiap manusia itu pasti disertai oleh setan (jin kafir) di sebelah kirinya dan malaikat di sebelah kanannya alias tak jarang disebut dengan qarin) masuk Islam. Faktor ini sebagaimana disebutkan dalam suatu hadits riwayat Imam Muslim berikut ini:

3. Jin takluk dan taat terhadap Nabi Sulaiman.
Di antara mukjizat Nabi Sulaiman merupakan bisa menaklukan jin dan setan jadi semuanya bisa bekerja atas perintahnya. Faktor ini sebagaimana ditegaskan dalam ayat al-Qur’an berikut ini dalam surat Shad ayat 36-38:

Mukjijat ini diberbagi terhadap Nabi Sulaiman sebagai pengabulan atas doanya yang mengatakan:
“Dan berbagilah kepadaku kerajaan yang tak diberbagi terhadap seseorang setalahku” (QS Shad 38:35).

Doa Nabi Sulaiman inilah yang menyebabkan Rasulullah tak jadi untuk mengikat jin yang datang dengan melemparkan anak panah ke muka beliau. Dalam suatu hadits Muslim dikatakan:

“Dari Abu Darda mengatakan : “Suatu hari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bangun, tiba-tiba kita mendengar Rasulullah mengatakan: “Aku berlindung terhadap Allah darimu”, kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga mengatakan: “Allah telah melaknatmu” setidak sedikit tiga kali. Rasulullah lalu menghamparkan tangannya seakan-akan beliau sedang menerima sesuatu. Ketika Rasulullah berakhir shalat, kita bertanya: “Wahai Rasulullah, kita mendengar kamu mengatakan sesuatu yang belum sempat kita dengar sebelumnya. Kita juga menonton kamu membukakan kedua tangan anda”. Rasulullah menjawab: 

“Barusan Iblis, musuh Allah datang mengangkat anak panah api untuk ditancapkan di muka saya, lalu aku mengatakan: “Aku berlindung terhadap Allah darimu” setidak sedikit tiga kali, kemudian saya juga berakata: “Allah telah melaknatmu dengan laknat yang sempurna” setidak sedikit tiga kali. Kemudian saya bermaksud untuk mengambilnya. Seandainya saya tak ingat doa saudara kami, Sulaiman, pasti saya bakal mengikatnya jadi menjadi mainan anak-anak penduduk Madinah” (HR. Muslim).

4. Jin alias setan tak bisa menyerupai Rasulullah
Dalam hadits shahih dikatakan:
“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Barangsiapa yang bermimpi menontonku, maka dirinya sungguh telah menontonku, sebab setan tak bisa menyerupaiku” (HR. Muslim).

5. Jin dan setan tak bisa melalui batas-batas tertentu di langit
Sekalipun jin dan setan memiliki kelebihan bisa bergerak dengan cepat, bakal namun mereka tak bakal bisa melalui batas-batas yang telah ditetapkan yang tak bisa dilewati tidak hanya oleh para malaikat.

Sebab jika mereka berani melaluinya, maka mereka bakal binasa dan hancur. Sebab itu pula, jin tak bisa mengenal dan mencuri info dari langit jadi apa yang dibisikkannya ke tukang-tukang ramal dan dukun merupakan kebohongan semata. Untuk lebih jelasnya bakal faktor ini, bisa dilihat dalam surat al-Rahman ayat 33-35).

6. Jin tak bisa membuka pintu yang telah ditutup dengan menyebut nama Allah
Dalam suatu hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda

Postingan populer dari blog ini

Baru Seminggu Suaminya Meninggal. Ibu Ini Berhubbungan Dengan Anaknya Sendiri Atas Dasar Sama­ Sama Suka.

Ternyata Cium Janda 1 Menit Dapat Perpanjang Umur 1 Tahun, ini Faktanya

Video Siswi SMA Melahirkan di Kelas saat Jam Pelajaran Buat Geger Netizen